Arsip Blog

Minggu, 21 April 2013

SRI Bersama PIP di Desa Jatimulyo


Petugas menjelaskan Program SRI

Pada tanggal 11 April 2013 sekitar pukul 09.00 anggota kelompok tani Karya Mulya berkumpul dirumah ketua kelompok tani Karya Mulya Desa Jatimulyo,Kec. Kauman.Mereka mau menerima bantuan program SRI dan PIP (Pengelolaan Irigasi Partisipatif).Teknologi SRI merupakan program yang diharapkan mampu meningkatkan produksi padi di Kecamatan Kauman.
Budidaya padi SRI merupakan sistim tanam bibit muda (umur kurang 15 hari) setelah semai,diharapkan anakan banyak,sehingga hasil malai yang dihasilkan banyak.(Tutur PPL).
Kehadiran SRI didukung oleh semua petani pada pertemuan saat itu.Ketua kelompok tani Karya Mulya"Erwin Gutama menuturkan dari program ini setiap 1 ha sawah mendapat bantuan benih sebanyak 15 kg,pupuk organik 14 zak dan handtraktor.
Petani asik mendengarkan penjelasan petugas
Program SRI dibarengi datangnya program PIP (Pengelolaan Irigasi Partisipatif) yaitu bantuan perbaikan
saluran irigasi  dengan dana dari pemerintah dan partisipasi swadaya masyarakat.Hal ini diungkapkan oleh mantri tani,rencana program PIP panjang 835 m,lebar dasar 50cm,lebar miring 60 cm,menelan biaya Rp 98.000.000 bantuan pemerintan Rp 60.000.000,swadaya Rp 38.000.000.
Penerimaan benih secara simbolis
Yanuar Arifin Penyuluh Pertanian Desa Jatimulyo mengungkapkan Program ini akan dikawal sampai berhasil.Anggota kelompok tani diharapkan melaksanakan budidaya SRI sesuai aturan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar