Arsip Blog

Senin, 16 April 2012

Keberadaan TIK Sangat Dibutuhkan


Keberadaan Teknologi informasi dan komunikasi  bagi penyuluh turut mendukung kegiatan penyuluhan, dikarenakan menyediakan ragam materi yang layak dan memberi manfaat untuk disampaikan kepada petani. Disisi lain media ini juga bisa menjadi ajang bagi penyuluh untuk saling bertukar pengalaman dan informasi terkait dengan permasalahan  maupun keberhasilan usaha tani yang dialami petani binaan.
 Namun tak bisa dipungkiri secara kuantitas masih banyak  penyuluh yang belum memanfaatkan secara optimal keberadaan TIK bahkan tak sedikit dari mereka belum  mengetahui apa dan bagaimana TIK itu. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kenapa TIK saat ini belum terlalu memasyarakat . Salah satunya adalah 
  1. Minimnya SDM, sebagian besar masih belum memandang penting terkait akses internet, walaupun tak sedikit penyuluh yang memiliki handphone yang bisa mengakses internet namun pemanfaatannya tak jarang sekedar menelepon dan me sms saja.   Selain itu umur dan tingkat pendidikan  sangat mempengaruhi tingkat kekosmopolitan (penerimaan terhadap hal-hal baru)  dalam melakukan adopsi terhadap teknologi tersebut.

2 komentar: